91tronomy featured

Blackhole ? - by 91tronomy

14.01Unknown


Di post yang satu ini, 91tronomy akan membahas salah satu fenomena yang sangat menarik dan sangat popular, blackhole. Saya yakin hampir semua orang mengetahui si "lubang hitam" ini atau biasa kita sebut dengan blackhole dengan kemampuannya untuk menghisap segala sesuatu yang ada, namun sebenarnya apa sih sebenarnya blackhole itu?

Seperti biasanya, 91tronomy akan membahas pelajaran-pelajaran astronomi dan fakta-fakta didalamnya dengan bahasa sehari-hari yang mudah dimengerti. Sebelum mengetahui lebih lanjut, kita harus mengetahui darimana blackhole itu berasal. Untuk mengilustrasikannya, lihatlah hidup kita. Kita lahir, kita tumbuh membesar dan kita akan meninggal suatu saat nanti.... itulah hukum alam :( Yang menarik adalah bintang-bintang yang kalian lihat ternyata mengalami hal yang sama dengan kita!! Biar gak tambah bingung lagi, berikut ilustrasinya :


Nah... penjelasannya cukup mudah, bintang terlahir berbeda-beda, ada bintang yang mempunyai massa yang besar dan ada bintang yang mempunyai masssa yang kecil. Setelah lahir, bintang akan tumbuh membesar membesar membesar sampai dia "membengkak". Kita ambil contoh balon ulang tahun. Ketika kita meniup balon tersebut, balon itu akan membesar, sebesar-besarnya sampai ada titik dimana balon itu akan meledak, begitupula dengan bintang kita. Suatu saat bintang-bintang diatas sana akan meledak dan "apabila" massa bintang tersebutlah sangatlah besar, maka akan terjadi ledakan super dasyat yang dinamakan supernova. Maka sebenarnya supernova itu adalah bintang yang mati..... :( dan hasil dari ledakan tersebut akan melahirkan 2 kemungkinan, neutron star atau blackhole. 

Nah jadi sebenarnya blackhole itu adalah hasil dari bintang yang telah mati... tapi apa sebenarnya blackhole itu? Blackhole itu adalah tempat dimana setelah semua proses itu di angkasa.... dimana gravitasi didaerah tersebut begituuuuu kuatnya sampai cahayapun tidak dapat kabur dari gravitasi tersebut. Cahaya memiliki kecepatan 300.000 km/jam (cahaya = tercepat di alam semesta) ... dan bayangkan gravitasi yang dikeluarkan dari blackhole itu melebihi kecepatan cahaya, maka apa yang terjadi? Sama halnya dengan gravitasi bumi, jika kita melempar sesuatu ke atas, maka benda tersebut akan "ditarik" oleh gravitasi kebawah sehingga benda itu jatuh. Bayangkan cahaya jatuh dikecepatan lebih dari 300.000lm/jam! Maka tidak heran bahwa blackhole dikenal sebagai "penghisap" mematikan.

Nah, jadi itulah pengertian basic mengenai blackhole.... jika penjelasan diatas kurang memuaskan dan masih ada yang ingin diketahui, tontonlah vide singkat ilustrasi dari pengertian blackhole. (jika ingin mempelajari lebih dalam, tontonlah episode-episode selanjutmya).






You Might Also Like

0 komentar

Popular Posts

Flickr Images

Contact Me